Menurunkan Berat Badan

Penurunan berat badan, dalam konteks kesehatan, atau kebugaran fisik, mengacu pada pengurangan dari total massa tubuh, karena rata kehilangan cairan, lemak tubuh atau jaringan adiposa dan / atau massa ramping, yaitu deposit mineral tulang, otot , tendon, dan jaringan ikat lainnya.

 

Berat badan dapat baik terjadi tidak sengaja akibat kekurangan gizi atau penyakit yang mendasari atau timbul dari usaha sadar untuk meningkatkan aktual atau yang dirasakan kelebihan berat badan atau obesitas.

 

Penurunan berat badan "Unexplained" yang tidak disebabkan oleh penurunan asupan kalori atau latihan disebut cachexia dan mungkin merupakan gejala serius dari kondisi medis. Penurunan berat badan Disengaja sering disebut sebagai pelangsing.

 

Penurunan berat badan yang tidak disengaja dapat terjadi akibat hilangnya lemak tubuh, hilangnya cairan tubuh, atrofi otot , atau bahkan kombinasi dari ini. Hal ini umumnya dianggap sebagai masalah medis jika setidaknya 10% dari berat tubuh seseorang telah hilang dalam enam bulan atau 5% pada bulan lalu.

 

kriteria lain yang digunakan untuk menilai berat badan yang terlalu rendah adalah indeks massa tubuh (BMI). Namun, bahkan jumlah yang lebih rendah dari penurunan berat badan dapat menjadi penyebab keprihatinan serius pada orang tua yang lemah.

Penurunan berat badan yang tidak disengaja dapat terjadi karena diet yang tidak cukup bergizi dibandingkan dengan kebutuhan energi seseorang (umumnya disebut kekurangan gizi ).

 

Proses penyakit, perubahan metabolisme, perubahan hormonal, obat atau perawatan lainnya, penyakit-atau terkait pengobatan perubahan diet, atau mengurangi nafsu makan terkait dengan penyakit atau pengobatan juga dapat menyebabkan penurunan berat badan yang tidak disengaja.

 

Pemanfaatan nutrisi yang buruk dapat menyebabkan penurunan berat badan, dan dapat disebabkan oleh fistula di saluran pencernaan, diare, interaksi obat-hara, penipisan enzim dan otot atrofi.

Melanjutkan penurunan berat badan dapat memburuk menjadi wasting, suatu kondisi yang didefinisikan samar-samar disebut cachexia .

 

Cachexia berbeda dari kelaparan karena sebagian melibatkan respon inflamasi sistemik.

 

Hal ini terkait dengan hasil yang lebih buruk, dalam tahap lanjut penyakit progresif, metabolisme dapat berubah sehingga mereka menurunkan berat badan bahkan ketika mereka mendapatkan apa yang biasanya dianggap sebagai nutrisi yang cukup dan tubuh tidak bisa mengimbangi.

 

Hal ini menyebabkan kondisi yang disebut sindrom anoreksia cachexia (ACS) dan nutrisi tambahan atau suplemen tidak mungkin untuk membantu.

 

Gejala penurunan berat badan dari ACS termasuk kehilangan berat badan dari otot daripada lemak tubuh, kehilangan nafsu makan dan merasa kenyang setelah makan jumlah kecil, mual , anemia, kelemahan dan kelelahan.

Penurunan berat badan yang serius dapat mengurangi kualitas hidup, mengganggu efektivitas pengobatan atau pemulihan, memperburuk proses penyakit dan menjadi faktor risiko untuk tinggi tingkat kematian.

 

Malnutrisi dapat mempengaruhi setiap fungsi tubuh manusia, dari sel ke yang paling fungsi tubuh yang kompleks, termasuk:

  • respon imun ;
  • penyembuhan luka ;
  • kekuatan otot (termasuk otot pernafasan);
  • kapasitas ginjal dan penipisan menyebabkan gangguan air dan elektrolit;
  • termoregulasi ; dan
  • menstruasi .


Selain itu, kekurangan gizi dapat menyebabkan kekurangan vitamin dan kekurangan lain menjadi tidak aktif, yang pada gilirannya dapat pre-dispose untuk masalah lain, seperti luka.

Penurunan berat badan yang tidak disengaja dapat menjadi karakteristik terkemuka  untuk diagnosis penyakit seperti kanker dan diabetes tipe 1.

Di Inggris, hingga 5% dari populasi umum adalah kelebihan berat badan, tetapi lebih dari 10% dari orang-orang dengan paru-paru atau penyakit pencernaan dan yang baru-baru ini menjalani operasi.

 

Menurut data di Inggris menggunakan Screening Malnutrition Universal Screening Tool ('MUST'), yang menggabungkan penurunan berat badan yang tidak disengaja, lebih dari 10% dari populasi di atas usia 65 berisiko kekurangan gizi.

 

Sebuah proporsi yang tinggi (10-60%) dari pasien rumah sakit juga beresiko, bersama dengan proporsi yang sama di rumah perawatan.

 

Metode penurunan berat badan yang paling sering direkomendasikan, adalah penyesuaian pola makan dan meningkatkan aktivitas fisik, umumnya dalam bentuk latihan. The World Health Organization merekomendasikan bahwa orang harus menggabungkan pengurangan makanan olahan tinggi lemak jenuh, gula dan garam  dan kalori dari diet dengan peningkatan aktivitas fisik.

Peningkatan asupan serat juga dianjurkan untuk mengatur pergerakan usus.

Metode lain dari penurunan berat badan termasuk penggunaan obat dan suplemen yang mengurangi nafsu makan, memblokir penyerapan lemak, atau mengurangi volume lambung.

Suplemen diet, meskipun banyak digunakan, namun tidak dianggap sebagai pilihan yang sehat untuk menurunkan berat badan. Banyak yang tersedia, tetapi sangat sedikit yang efektif dalam jangka panjang.

Virtual Band lambung menggunakan hipnosis untuk membuat otak berpikir perut lebih kecil daripada yang sebenarnya dan karenanya lebih rendah jumlah makanan tertelan.

Hal ini membawa sebagai pengurangan konsekuensi berat. Metode ini dilengkapi dengan perawatan psikologis untuk manajemen kecemasan dan dengan hypnopedia .

 

Penelitian telah dilakukan ke dalam penggunaan hipnosis sebagai alternatif manajemen berat badan. Pada tahun 1996 sebuah penelitian menemukan bahwa terapi kognitif-perilaku (CBT) adalah lebih efektif untuk penurunan berat badan jika diperkuat dengan hipnosis.

 

Penerimaan dan Komitmen Terapi ACT, pendekatan kesadaran untuk penurunan berat badan, juga dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan kegunaannya.

 

Penurunan berat badan permanen
Dalam rangka untuk menurunkan berat badan menjadi permanen, perubahan pola makan dan gaya hidup harus tetap juga.

 

Diet jangka pendek belum terbukti menghasilkan baik penurunan berat badan jangka panjang atau kesehatan yang lebih baik, dan bahkan mungkin menjadi kontraproduktif.

 

Temukan Berbagai Tips Cara Alami menurunkan berat badan, serta berbagai informasi seputar tips diet sehat juga penelitian terbaru tentang makanan yang rekomendasikan para ahli, dan efektif menurunkan berat badan dengan cara yang sehat disini.

www.caramenurunkanberatbadantipsdietsehat.com

".